Pendidikan karakter berhubungan dengan pengintegrasian didalam aktivitas pembelajaran, sehingga Kurniawan (2013: 47) menegaskan bahwa pembelajaran kepribadian di area sekolah bisa digabungakan dalam pendidikan pada tiap mata pelajaran. Modul pendidikan yang berhubungan dengan norma ataupun nilai disetiap mata pelajaran butuh dibesarkan, dan dieksplisitkan, berhubungan dengan konteks kehidupan tiap hari. Dengan demikian Pendidikan di setiap nilai-nilai kepribadian tidak cuma pada ranah kognitif, namun memegang pada internalisasi serta pengalaman langsung dalam kehidupan partisipan didik tiap hari di warga. Pendidikan karakter adalah suatu kegiatan guna mempengaruhi seseorang yang secara umum dilakukan oleh orang tua, guru, dan masyarakat sekitar.
Perkembangan suatu bangsa dapat dilihat dari karakter masyarakatnya. Karena karakter tersebut akan membangun suatu motivasi yang terbentuk dengan tata cara serta proses yang bermartabat. Kepribadian sendiri bukanlah sebuah penampilan jasmaniah saja akan tetapi mengatakan secara emplisit perihal-perihal yang tersembunyi. Pendidikan yang mengarah supaya terbentunya suatu karakter adalah tanggung jawab keluarga, serta lingkungan desekitarnya akan tetapi yang paling bertanggung jawab adalah guru. Oleh karenanya setiap guru harus dapat mempengaruhi siswa siswinya agar dapat membentuk karakternya masing masing. Karakter adalah sebuah gabungan yang didalamnya terdapat moral, etika dan akhlak. Menurut Hermawan Kertajaya (Asmani:28) mengutarakan pendapat bahwa karakter merupakan kekhasan yang dimiliki oleh suatu barang ataupun pribadi. Sebaliknya bagi Doni Koesoemo Albertus (Asmanai:28) memberikan pendapat bahwa kepribadian diasosiasikan dengan tempramen yang memberikannya suatu definisi yang menekankan faktor psikososial yang berhubungan dengan Pembelajaran serta konteks area. Di bawah ini merupakan Nilai dan deskripsi nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa (pusat kurikulum kementerian pendidikan nasional, 2010: 9-10).
Referensi:
Asmani, J. M (Eds). 2013. Buku Panduan Intrenalisasi Pendidikan Katrakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas. 2010. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Balitbang Kemdiknas